Senin, 24 November 2014

Belajar Fingerstyle B. 1 (Latihan Jari)



Bagaimana dan mulai dari mana kita untuk belajar Fingerstyle? Nah, kali ini kita akan belajar bagaimana cara untuk belajar Fingerstyle mulai dari yang terdasar. Modal yang kita perlukan hanya ketekunan dan hafal Chord Gitar tentunya. Bagaimana kalo kita tidak tahu Chord dan belum pernah belajar gitar sama sekali? Tenang! Anda bisa saja langsung belajar. 

Dalam sebuah kasus, saya mempunyai teman dan dia ingin belajar Fingerstyle karena mendengar lagunya Sungha Jung - Nostalgia. Saya bertanya kepada dia "Apakah kamu pernah belajar gitar?" dan dia menjawab "Saya belum pernah sekalipun belajar gitar!". Bahkan dia tidak tahu Chord. Akhirnya saya memberikan pelatihan tentang Chord dan langsung meminta dia untuk belajar lagu Romance D' Amour (Classical Romance) dengan menggerakan semua jarinya. Sekitar kurang dari seminggu saya meminta dia untuk memperlihatkan hasil latihannya. Saya sempat heran karena dia bisa memainkan lagunya walaupun tidak sempurna. Berhubung kemajuannya yang cepat, saya langsung memintanya untuk belajar membaca Tab. Dan dalam waktu kurang dari 1 minggu dia bisa walaupun tidak terlalu lancar.

Jadi, dalam belajar yang penting adalah ketekunan, keseriusan, dan keinginan untuk bisa. Terlepas dari itu, kita perlu mempunyai metode bagaimana belajar hal tersebut. Kali ini saya akan memberikan metode dasar untuk belajar Fingerstyle yaitu melatih semua jari tangan kanan untuk bisa bermain :

1. Siapkan gitar.
2. Usahakan posisi tangan kanan seperti gambar di bawah.



3. Petiklah senar 6 (Jempol), 3 (Jari Telunjuk), 2 (Jari Tengah), dan 1 (Jari Manis) secara bergantia.
4. Cobalah mainkan lagu Nothing Else Matter - Metallica dan lagu Classical Romance. Anda bisa mencarinya di youtube.
5. Latihlah minimal 30 menit/hari.

Note : Anda bisa mencoba lagu lain seperti When The Children Cry - White Lion ataupun yang lainnya.

Hanya dengan modal ketekunan anda akan bisa bermain walaupun tidak lancar. Untuk waktu itu tergantung anda, bisa saja dalam waktu 1 hari anda sudah lancar :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar